Buka jam 09.00 s/d jam 18.00 , Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Jual komputer bekas bisa mendulang emas

Jual komputer bekas bisa mendulang emas

Diposting pada 16 August 2018 oleh adwa

 

Komponen komputer bekas bisa mendulang emas

Kalau Kamu punya komputer bekas di rumah jangan buru-buru diloakin atau dibuang. Karena rongsokan mainboard komputer bekas  di rumahmu itu bisa menjadi tambang emas “ tidak percaya”

Memang masih sedikit orang yang mengetahui kalau di dalam rongsokan komputer bekas terdapat kandungan emas yang bisa dipisahkan dari pirantinya

Emas itu bisa ditemukan di hampir semua komponen komputer – prosesor, motherboard, kartu grafis, DIMM memori, Chipset, dan piranti lainnya.

Memang jumlahnya pada setiap bagiann piranti komputer bekas itu sangat kecil, jika dikumpulkan akan menjadi banyak dan dilihat harga emas beberapa tahun belakangan, maka kompenen-komponen komputer bekas tersebut masih bernilai ekonomi sangat besar.

Di luar negeri ada  perusahaan yang khusus mengumpulkan rongsokan komputer bekas untuk didaur ulang dan diambil pirantinya  menjadi emas murni,

Komputer bekas rupanya masih memiliki nilai yang dikumpulkan bisa menjadi sebuah perhiasan emas. Hal ini sudah dibuktikan oleh Brand brand tertentu yang menginisiasi program daur ulang komputer bekas untuk dijadikan perhiasan.

Dari USA Today, Dell melakukan kerja sama dengan aktris Nikki Reed yang juga organisasi lingkungan untuk mengubah kompenen di komputer bekas seperti motherboard, vga card, sound card menjadi material perhiasan.

Kalau Anda pernah melihat komputer bekas pada  motherboard, pasti akan menjumpai beberapa komponen metal berwarna kuning yang menjadi konduktor arus listrik di perangkat tersebut. Meskipun kandungannya tidak banyak, tapi bermodal 6 motherboard  sudah cukup untuk menciptakan sebuah perhiasan.

Memang tidak disebutkan berapa persis kandungan material emas yang disebutkan, tapi lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) menyebutkan data yang sangat fantastis.


Dari jutaan perangkat komputer bekas yang didaur ulang setiap tahunnya bisa diolah menjadi 15 juta gram tembaga, 350 ribu gram perak, 34 ribu gram emas, dan 14 ribu paladium. Semua material tersebut adalah logam mulia yang bisa diubah menjadi perhiasan bernilai.

Cara memproses dan mendaur ulang komputer bekas menjadi emas

Langkah daur ulang komputer bekas yang dilakukan brand tertentu di luar negeri sebetulnya sudah sejak lama dilakukan dan meyediakan layanan untuk para konsumen mengirimkan perangkat laptop atau komputer bekas kepada mereka, bahkan perangkat yang berasal dari merk lainnya

Untuk mendapatkan emas di  semua komponen komputer bekas seperti pada prosesor, motherboard, kartu grafis, DIMM memori, dan lain sebagainya. Tentu saja butuh suatu kesabaran karena  jumlahnya tidak sedikit  yang digunakan di setiap piranti itu. Tetapi dengan harga emas meroket dalam beberapa tahun terakhir, itu menjadi harga lebih dan lebih ekonomis juga layak untuk menambang emas dari komponen elektronik dan komputer bekas seperti itu. Itulah mengapa perusahaan-perusahaan khusus bermunculan untuk melakukan hal ini.

Untuk bisa mendulang emas dari komputer bekas pada pirantinya bisa  menggunakan metode “do-it-yourself” (lakukan sendiri) , harus tahu bahan kimia yang digunakan dalam demonstrasi ini adalah sangat berbahaya, terutama pada konsentrasi yang digunakan.

Emas pada komputer bekas ditemukan di berbagai tempat pada motherboard: konektor IDE, slot PCI Express, PCI, AGP, ISA, dan port2 lain, pin jumper, soket prosesor, dan slot DIMM (SIMM di motherboard yang lebih tua).

Semua konektor ini sering ditutupi dengan lapisan emas beberapa mikron tebalnya, disimpan dengan cara flashing atau pelapisan.


Pertama  adalah untuk mengumpulkan semua pin dan konektor. Kita perlu tang dan cutter, obeng datar dan bunga (Philips), dan lainya dan kita memerlukan banyak pin dan konektor dll, harus bisa mengumpulkan sebanyak mungkin komputer bekas

Untuk mendapatkan beberapa mikrogram emas yang tersimpan di pin, kita akan menggunakan metode sel elektrolitik. Nampan kaca ini terdiri dari 95% larutan asam sulfat. Katoda dinampan dan anoda di pin tembaga

Dengan menjalankan arus listrik melalui sel, dengan menggunakan pengisi baterai biasa, tembaga anoda (jepit di pin) larut dan diendapkan pada katoda di nampan. Emas, terlepas dari tembaga, akan membentuk sedimen di bagian bawah sel nampan. perlu dicatat bahwa suhu bak meningkat secara signifikan selama proses ini.

Setelah semua pin di celupkan dan direndam maka emasnya sudah terlepas, diamkan dulu sebentar wadahnya, agar mengendap emasnya dibawah, lalu larutan asam sulfat tadi kita simpan sebanyak mungkin sampai tersisa ampas emas dibawah nampan (bak).

Untuk menuangkan asam ke dalam air harus berhati hati, dan bukan sebaliknya! Jika Anda salah melakukannya, pertama tetesan air yang menyentuh permukaan asam sulfat akan segera menguap dan dapat menyebabkan percikan asam yang harus dilakukan  tuang asam ke air  bukan air yang dituang ke dalam larutan asam!.

Maka hasil cairan sulfat yang encer, berbagai logam ( termasuk emas ) dan sampah lain perlu disaring terlebih dahulu, kenapa kita tidak langsung menyaringnya? karena saringan sulit untuk menyaring cairan yg kental.

Bahan kimia yang harus diperhatikan dalam proses mendaur komputer bekas menjadi emas

Campuran di filter dari berbagai logam dan kotoran. sekarang semuanya larutkan dalam campuran asam klorida 35% dan pemutih klorin (sodium hipoklorit) sebesar 5%, dalam proporsi 2: 1.

dimana: 2 HCl + NaClO -> Cl2 + NaCl + H2O

Reaksi sangat eksotermik dan menghasilkan klorin, gas yang sangat berbahaya. Gas khlor digunakan sebagai senjata kimia selama Perang Dunia pertama, di namakan bertholite, JADI HARUS BERHATI HATI

Klorin diproduksi oleh pencampuran asam klorida dan pemutih klorin inilah yang akan melarutkan emas dan membentuk klorida emas (III).

dimana: 2 Au + 3 Cl2 -> 2 AuCl3

Sekarang, yang perlu kita lakukan adalah menyaring semuanya sekali lagi. Filter akan mempertahankan semua kotoran, hanya menyisakan emas (III) larutan klorida.

Untuk menghasilkan emas metalik, kita perlu untuk mengendapkan emas yang berada didalam larutan, kita gunakan bubuk sodium metabisulfite, dengan adanya air, sodium metabisulfite akan menghasilkan sodium bisulfite.

dimana: Na2S2O5 + H2O –> 2 NaHSO3

sodium bisulfite ini yang akan mengendapkan emas.

dimana:3 NaHSO3 + 2 AuCl3 + 3 H2O –> 3 NaHSO4 + 6 HCl + 2 Au

sekarang kita diamkan, lihat endapan bubuk coklat dibagian bawah gelas, hati2 jangan kita hilang barang sedikitpun, itulah EMAS metalik!.lalu yang perlu kita lakukan ialah mencairkan bubuk ini dalam wadah lain, Titik lebur emas adalah sekitar 1064 ° C (1947,52 ° F), sebuah pembakar bertenaga gas oxy-butane dapat melakukan tugas ini.


Kita bisa lihat hasilnya, butiran emas!, secara ekonomis apakah ini akan menjadi masalah?, tentu saja tidak, proses ini hanya layak digunakan pada skala industri, butiran emas kecil yang kita hasilkan hanya benilai beberapa ratus ribu saja, pada kenyataanya, pabrik pengolahan limbah dari komputer bekas ini menggunakan tehnik dan bahan kimia yang lebih berbahaya, tips ini menarik dan menyenangkan bukan? agar kita tahu bahwa bisa menghasilkan tambang emas sendiri dari bahan bahan komputer bekas sendiri.


 

 

 

 

 

Bagikan informasi tentang Jual komputer bekas bisa mendulang emas kepada teman atau kerabat Anda.

Jual komputer bekas bisa mendulang emas | Toko Aksesoris Komputer

Belum ada komentar untuk Jual komputer bekas bisa mendulang emas

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan